Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Temukan beragam, tutorial, cara memperbaiki mesin cuci, panduan bisnis, panduan bisnis online dan lain lain di krasitutorial.blogspot.com

Senin, 17 Juni 2019

Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Spin

Sahabat sahabat semua, pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana memperbaiki masalah umum dari mesin cuci, khususnya mesin cuci 1 tabung top loading, yaitu mesin tidak bisa high speed, spin, atau tidak bisa memeras.Gejalanya adalah ketika proses mencuci berlangsung, kemuadian saat melakukan proses high speed, secara tiba tiba mesin berhenti, dan ada tanda error pada control board nya.

Mesin cuci satu tabung yang tidak bisa high speed atau tidak bisa memeras ini, biasanya terjadi pada mesin cuci semi otomatis dan setelah pemakaian yang relatif lama (usang). Pada mesin cuci semi otomatis ini dikarenakan terjadi kesalahan pada proses input/output data perosesing pencucian. Sehingga masalah ini khusus terjadi pada mesin yang semi otomatis saja.

Jangan terlalu cepat menduga, bahwa kerusakan pada peralatan kontrol nya karena kebanyakan masalah ini adalah adanya kesalahan data input / output pada sensor tekanan air.

Lalu bagaimanakah, cara memperbaikinya ?

Pertama tama, kenali permasalahan nya, dimana dalam proses proses awal mesin berjalan seperti biasanya. Atur ketinggian air apada posisi sedang, kenali pada ketinggian berapa pengisian air mulai berhenti ?

Jika air seperti berlebihan atau seperti kekurangan, ini menunjukkan peralatan kontrol ada kesalahan saat membaca level air.

Perhatikan juga, saat proses pemerasan dimulai, apakan pembuangan air berjalan lancar ? sehingga tidak ada lagi air yang masing tergenang ? Chek juga kotoran pada selang nya, kadang membuat air pembuangan tersumbat.

Kalau, pembuangan air tiba tiba tertutup kembali, padahal masih ada air tersisa dalam tabung, maka hal ini menunjukkan adanya kesalahan baca input/output tekanan air.

Sensor tekanan mesin cuci

cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung

Komponen yang bertanggung jawab membaca level air pada mesin cuci, baik front loading ataupun top loading adalah yang dinamakan sebagai sensor tekanan air.
Pada mesin top loading semi otomatis, 1 tabung berada pada ujung kanan atau ujung kiri bagian atas mesin cuci.

Sensor tekanan mesin cuci memiliki supplay tegangan 220, dan tegangan output yang di umpankan ke peralatan kontrol. Input data level air di dapatkan melalui selang kecil yang terhubung dengan tabung.

Cara kerja sensor tekanan air

Ketika sensor terhubung dengan sumber listrik yaitu 220 VAC, maka pada outpunya mengeluarkan tegangan tertentu. Tegangan output ini besarnya berubah ubah sesuai dengan tekanan udara yang masuk melalui selang kecil.
Pada mesin cuci, perubahan tekanan udara di dapatkan dari perubahan ketinggian air di tabung. Oke sekarang insya Allah lebih paham ya ?

Oleh karena itu, jika ada kesalahan pembacaan level air, sehingga mesin cuci tidak bisa high speed, spin atau tidak bisa memeras kemungkinan permasalan nya bisa disebabkan.

1. Sensor Tekanan air rusak
2. Selang kotor
3. Tabung kotor, sehingga udara tidak leluasa keluar masuk memberikan input tekanan udara.
4. Peralatan Kontrol Rusak
5. Switch highspeed setelan nya berubah
6. Motor rusak ( kalau motor rusak, biasanya dari awal sudah tidak bisa melakukan proses pencucian)
    Untuk mesin cuci Front loading ini bisa terjadi, kalau karbon brush sudah aus
    Lihat artikel tentang memperbaiki mesin cuci tidak bisa high speed.

Dari, beberapakali mesin cuci yang saya perbaiki, kasus terbanya adalah di point no 3, dimana tabung yang kotor menyumbat pergerakan udara. \

Bagaimana cara memperbaikinya ?

1. Pertama tama. buka penutup belakang mesin cuci.
2. Lepas selang yang menghubungkan antara sensor dengan tabung (ada pengunci tekan nya)
3. Dengan memakai selang lain. hubungkan selang tersebut dengan tabung.
4. Tiup dan sedot beberapa kali sampai udara benar benar lancar.

Demikianlah artikel tentang cra memperbaiki mesin cuci 1 tabung yang tidak bisa high speed, atau memeras. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Kalau ada pertanyaan silahkan komment ... :)

Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Spin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Angi Permana

0 komentar:

Posting Komentar