TUTORIAL PEMROGRAMAN 8051 - Memori

Temukan beragam, tutorial, cara memperbaiki mesin cuci, panduan bisnis, panduan bisnis online dan lain lain di krasitutorial.blogspot.com

Selasa, 29 September 2015

TUTORIAL PEMROGRAMAN 8051 - Memori



Pada kesempatan ini kita coba membahas tutorial pemograman mikrocontroller 8051. Untuk itu ada beberapa hal yang harus kita pahami dulu sebelum nya, yaitu :
 
Organisasi Memori mikrokontroller 8051

Mikrokontroller 8051 memiliki ruang alamat yang terpisah untuk memori program dan memori data, seperti yang ditunjukkan pada gambar1.1. dan gambar 1.2. Pemisahan secara logika dari memori program dan data, mengijinkan memori data untuk diakses dengan pengalamatan 8 bit, yang dengan cepat dapat disimpan dan dimanipulasi dengan CPU 8 bit.
Selain itu, pengalamatan memori data 16 bit dapat juga dibangkitkan melalui register DPTR. Memori program ( ROM, EPROM dan FLASH ) hanya dapat dibaca, tidak ditulis.
Memori program dapat mencapai sampai 64K byte. Pada 89S51, 4K byte memori program terdapat didalam chip.
Untuk membaca memori program eksternal mikrokontroller mengirim sinyal PSEN ( program store enable )

Diagram blok mikrokontroller 8051

Diagram blok mikrokontroller 8051


Memori data ( RAM ) menempati ruang alamat yang terpisah dari memori program.
Pada keluarga 8051, 128 byte terendah dari memori data, berada didalam chip. RAM eksternal (maksimal 64K byte). Dalam pengaksesan RAM Eksternal, mikrokontroller mingirimkan sinyal RD ( baca ) dan WR ( tulis ).

Arsitektur Memori Mikrokontroller 8051

Arsitektur Memori Mikrokontroller 8051


Program Memori mikrokontroller 8051

Gambar diatas menunjukkan suatu peta bagian bawah dari memori program. Setelah reset CPU mulai melakukan eksekusi dari lokasi 0000H. Sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar peta interupsi, setiap interupsi ditempatkan pada suatu lokasi tertentu pada memori program.
Interupsi menyebabkan CPU untuk melompat ke lokasi dimana harus dilakukan suatu layanan tertentu.

Contoh
Interupsi Eksternal 0, menempatai lokasi 0003H. Jika Interupsi Eksternal 0 akan digunakan, maka layanan rutin harus dimulai pada lokasi 0003H. Jika interupsi ini tidak digunakan, lokasi layanan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan sebagai Memori Program.

 Peta Interupsi mikrokontroller 8051


Peta Interupsi mikrokontroller 8051


Memori Data mikrokontroller 8051


Lihat Gambar arsitektur mikrokontroller 8051, ini menunjukkan ruang memori data internal dan eksternal pada keluarga 8051.
CPU membangkitkan sinyal RD dan WR yang diperlukan selama akses RAM eksternal. Memori data internal terpetakan.
Ruang memori dibagi menjadi tiga blok, yang diacukan sebagai 128 byte lower, 128 byte upper dan ruang SFR.
Alamat memori data internal selalu mempunyai lebar data satu byte. Pengalamatan langsung diatas 7Fh akan mengakses satu alamat memori, dan pengalamatan tak langsung diatas 7Fh akan mengakses satu alamat yang berbeda. Demikianlah pada gambar 1.4 menunjukkan 128 byte bagian atas dan ruang SFR menempati blok alamat yang sama, yaitu 80h sampai dengan FFh, yang sebenarnya mereka terpisah secara fisik.
 128 byte RAM bagian bawah dikelompokkan lagi menjadi beberapa blok, seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.5. 32 byte RAM paling bawah, dikelompokkan menjadi 4 bank yang masing-masing terdiri dari 8 register. Instruksi program untuk memanggil register-register ini dinamai sebagai R0 sampai dengan R7. Dua bit pada Program Status Word (PSW) dapat memilih register bank mana yang akan digunakan. Penggunaan register R0 sampai dengan R7 ini akan membuat pemrograman lebih efisien dan singkat, bila dibandingkan pengalamatan secara langsung.

 Memori data internal 8051


Memori data internal 8051


  RAM internal 128 byte paling bawah

 

RAM internal 128 byte paling bawah
  

Semua pada lokasi RAM 128 byte paling bawah dapat diakses baik dengan menggunakan pengalamatan langsung dan tak langsung. 128 byte paling atas hanya dapat diakses dengan cara tak langsung, gambar 1.6.
                                                     

RAM internal 128 byte paling atas

RAM internal 128 byte paling atas



Demikianlah tutorial pemograman 8051 khususnnya tentang memori, selanjutnya masih kita perlu juga mengetahui tentang register sebelum masuk kepada pemogramanya. Lihat artikel tutorial pemograman mikrokontroller 8051 : Register

TUTORIAL PEMROGRAMAN 8051 - Memori Rating: 4.5 Diposkan Oleh: John

0 komentar:

Posting Komentar